Langsung ke konten utama

TEKNIK MENGECAT KAYU DENGAN PERNIS

helllo guysBagi Anda pemula dibidang finishing pasti ada banyak pertanyaan menggunakan pernis kayu yang benar. Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.


Pernis adalah produk finishing yang sudah digunakan manusia sejak berabad-abad lamanya. Pernis memiliki kemampuan untuk menutup pori-pori kayu. Ada berbagai jenis pernis yang saat ini sudah dikembangkan. Lalu bagaimana cara menggunakan pernish tersebut? Ikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunci sukses dari hasil finishing yang baik adalah pengamplasan, Sebelum Anda menggunakan pernis atau pengecatan pastikan media kering dengan MC 12% dan juga besih, bebas dari kotoran atau debu. Caranya mudah Anda harus mengamplas seluruh permukaan dengan amplas alumunium oxide nomor 180 atau 150. Raba permukaan media, jika sudah halus teksturnya dilap menggunakan kain katun bersih dan kering.
  2. Jika Anda sudah menyiapakan pernis baik itu solvent based atau water based, campurkan bahan pencmpurnys sesuai dengan jenis pernis. Aduk hingga rata pernis dengan bahan pencampur hingga tercampur benar. Lakukan pengadukan setiap Anda akan mengecat karena pernis sering mengendap dan terpisah dengan bahan pencampurnya.
  3. Siapkan kuas yang sudah dilapisi kain katun warna putih bersih dan kering. Kain katun warna putih dipilih agar warna dari pernis tidak tercampur dengan warna kain. Karena terkadang ada jenis kain yang luntur sehingga bisa mempengaruhi warna hasil dari pernis.
  4. Celupkan kuas tersebut ke dalam pernis dan oleskan ke seluruh permukaan media hingga rata. Jika media kayu maka harus searah serat kayu. Lakukan pengolesan tahap pertama ini, kemudian jemur media (jika menggunakan cat solvent). Jika menggunakan cat water based cukup diangin-anginkan saja.
  5. Jika media sudah kering maka ulangi tahap penegcatan hingga mendapatkan warna yang sesuai. 

Faktor Penentu Pernis Kayu Yang Mudah Diaplikasikan

Cara menggunakan pernis bukanlah hal yang sulit, tetapi terkadang sering terjadi kegagalan misalnya saja timbul brush mark karena salah penggunaan kuas atau produk yang kurang bagus. Menghindari hal-hal semacam itu maka mari dipelajari apa saja faktor penentu pernis yang mudah diaplikasikan.
  1. Pilih bahan pengencer air. Jika Anda memilih bahan pengecer solvent, maka ketika diaplikasikan akan cenderung menimbulkan brush mark. Mengapa? Cat solvent memiliki ciri lengket dan ketika diaplikasikan tidak akan semudah pernis dengan pengencer air. Ketika pernis memiliki bahan pencampur air, maka  tidak bersifat lengket ketika diplikasikan bahkan memiliki tarikan kuas yang ringan.
  2. Berikan bahan pencmpur sesuai yang dianjurkan pada petunjuk pemakaian. Ketika Anda salah memberikan takaran bahan campuran maka cat bisa jadi terlalu kental atau terlalu cair yang mengakibatkan sagging atau leleh pada permukaan media.
  3. Cat dengan merk tentu sudah memiliki kepercayaan karena buktinya cat tersebut sudah digunakan oleh banyakan costumer. Contohnya saja cat kayu Biovarnish. Dalam hal aplikasi dibandingkan dengan merk lain memiliki tarikan kuas yang ringan. Bahkan Anda bisa membuktikannya sendiri.
  4. Selain bahan pencampur, bahan, merk dan takaran, hal terkhir adalah jenis kuas yang digunakan. Dalam dunia finishing ada berbagai macam juenis kuas sesuai ukuran media yang akan diaplikasikan. Tidak mungkin jika Anda akan mengaplikasikan pernis dengan kuas yang berukuran kecil untuk bidang yang luas? Untuk menghindari brush mark juga Anda harus memilih kuas yang halus dan bisa ditambah dengan dilapisi kain perca yang bersih dan kering.
Sumber;http://www.catkayu.com/cara-mudah-menggunakan-pernis-kayu-terbaik-1865.html

Sumber;
https://www.youtube.com/watch?v=QbyNhqZm7wA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PEMBUATAN POHON ARTIFISIAL

LAPORAN PEMBUATAN POHON ARTIFISIAL BAB I               PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Tanaman   artifisial atau  disebut tanaman palsu adalah jenis tanaman atau phon-pohonan yg terbuat dari bahan plastik, tetapi berpenampilan secara visual atau mirip dengan tanaman aslinya. Sedangkan tanaman tiruan ini bisa mirip dengan beberapa jenis tanaman aslinya. Dan sebut saja yang paling banyak ditiru adalah tanaman bambu, tetapi juga banyak jenis tanaman lain yang berdaun lebar juga ditiru, sedangkan warna warni lebih ngejreng dari tanaman asli.                                                       RUMUSAN MASALAH Dari latar belakang di atas, muncul beberapa rumusan masalah, yaitu : 1.       Apa itu tanaman hias? 2.      Apa sajakah alat dan bahan yang digunakan dalam membuat tanaman hias? 3.      Bagaimana cara membuat tanaman hias? BAB II                                                             DASAR TEORI                               PENGERTIAN  TANAMAN

TEKNIK MENGGUNAKAN BOR LISTRIK UNTUK KAYU

    Cara menggunakan bor tangan Bagaimana cara menggunakan bor listrik tangan? Pada dasarnya, mesin bor berfungsi untuk membuat lubang pada suatu bidang. Mesin ini bekerja dengan menggerakkan alat pemotongnya secara memutar pada suatu titik tertentu sembari memberikan tekanan secukupnya. Sedikit demi sedikit, gerakan tersebut akan menghasilkan lubang pada satu titik yang dikehendaki. Saat ini, ada beberapa  jenis bor listrik tangan  yang dibedakan menurut bentuk dan cara penggunaannya. Salah satu di antaranya ialah bor listrik tangan. Disebut demikian karena mesin yang berbentuk menyerupai pistol ini dioperasikan langsung menggunakan tangan dengan tenaga listrik. Mesin bor tangan dapat digunakan untuk melubangi tembok, kayu, dan logam. Di bawah ini langkah-langkah dalam penggunaan bor listrik tangan yang benar Kenakan pakaian yang mendukung keamanan Anda meliputi pelindung muka dan sarung tangan. Pastikan sarung tangan yang dipakai memiliki ukuran yang pas sehingga ti