Langsung ke konten utama

LAPORAN PEMBUATAN POHON ARTIFISIAL

LAPORAN PEMBUATAN POHON ARTIFISIAL

BAB I               PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG



Tanaman artifisial atau disebut tanaman palsu adalah jenis tanaman atau phon-pohonan yg terbuat dari bahan plastik, tetapi berpenampilan secara visual atau mirip dengan tanaman aslinya. Sedangkan tanaman tiruan ini bisa mirip dengan beberapa jenis tanaman aslinya. Dan sebut saja yang paling banyak ditiru adalah tanaman bambu, tetapi juga banyak jenis tanaman lain yang berdaun lebar juga ditiru, sedangkan warna warni lebih ngejreng dari tanaman asli.
                         
                            RUMUSAN MASALAH

Dari latar belakang di atas, muncul beberapa rumusan masalah, yaitu :
1.     Apa itu tanaman hias?
2.    Apa sajakah alat dan bahan yang digunakan dalam membuat tanaman hias?
3.    Bagaimana cara membuat tanaman hias?

BAB II          

                       
                         DASAR TEORI
                             PENGERTIAN  TANAMAN HIAS
         

   Tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah keindahan dan kecantikan baik itu tanaman hias bunga, daun, batang maupun akar. Dari penjelasan ini jelas tanaman hias adalah segala tanaman yang di tanam untuk estetika keindahan sehingga jenis jenisnyapun ada beraneka ragam. Bisa berupa tanaman bunga, phon bahkan buash buahan dan sayuranpun dapat digolongkan sebagai tanaman hias selama mereka memberikan unsure keindahan.
Tanaman hias umumnya sengaja ditanam dengan tujuan untuk memberikan kesan indah baik untuk dalam ruangan maupun untuk dluar ruangan. Tanaman hias tidak hanya memberikan unsure keindahan saja namun juga memberikan berbagai manfaat bagi anda. Manfaat yang anda dapatkan ini akan tergantung dari jenis tanaman yang anda pilih.
contoh tanaman hias termasuk dalam jenis tanaman merambat, tanaman semak, tanaman perdu atau jenis pohon.
Fungsi tanaman hias sebagai komponen untuk menciptakan keindahan sebuah area maupun sebuah ruangan.
Dalam arsitektur lansekap, bentuk dan penempatan tanaman hias akan menjadi pertimbangan penting untuk menciptakan keindahan. Tanaman ini mencakup tanaman penaung maupun tanaman pembatas. Pengelompokkan tanaman hias berdasarkan fungsinya tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan tanaman obat sebagai tanaman hias.
Tanaman hias biasanya menampilkan keindahan dari bunga, keindahan batang juga keindahan dari daun. Cara penataan dan pengarutan tanaman pada suatu media akan memiliki pengaruh sangat besar dalam keindahan.
Contoh tanaman hias 




.

BAB III             PEMBAHASAN
                        Mengenai bahan bahan yang perlu dipersiapkan adalah :



   
  • Tempat bunga atau pot
  • Akar pohon yang unik
  • Semen
  • Pasir
  • Daun plastik ( Bisa beli atau buat sendiri dari barang bekas)
  • Bunga Plastik
  • Buah Plastik
  • Vernis

Peralatannya :


  • Lem Alteco
  • Bor
  • Kuas
  • Pisau
  • Amplas atau ambril
Cara membuat
  • Mula-mula cari akar pohon yang unik kemudian kelupas seluruh kulitnya, dan keringkan, setelah itu amplas sampai halus kemudian divernis atau diberiwarna.
  • Siapkan pot bunga dengan diisi adukan semen dan pasir kemudian akar tadi ditanam di adukan semen dengan posisi ujung akar menjadi pucuk pohon. artinya anda harus memasangnya terbalik.
  • Keringkan dulu, artinya tunggu beberapa hari biar kering
  • Setelah kering tinggal memberikan daun dan bunga atau bisa ditambahi buah plastik, cara memempelnya dengan di bor setelah itu dilem.
  • Taraaa... jadi deh bunga bonsainya.... walau palsu tapi tetap tahan lama... he he..hulala asyek














BAB IV       

                      PENUTUP
         KESIMPULAN
 harus di perhatikan dalam pembuatan tanaman hias adalah:
1.     Media Tanam: yang terdiri dari wadah atau pot tanaman dan juga tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman. Jenis tanaman sangat berpengaruh terhadap keindahan, jadi sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam.
2.    Pemilihan tanaman: Pilihlah tanaman yang cukup mudah dalam pembuatanya agar memudahkan pekerjaan anda. Setiap tanaman memiliki karakterisik yang berbeda dalam pembuatanya.
3.    Perawatan: perawatan tanaman hias terdiri dari pembersihan dan penempatan/penaruhan tanaman hias.
4.    Tempat: Usahakan tanaman tidak terlalu seing terkena sinar matahari, buatlah semacam peneduh dari jaring -jaring untuk atap tanaman anda.
·         .

 Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena  terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.


                 SARAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK MENGGUNAKAN BOR LISTRIK UNTUK KAYU

    Cara menggunakan bor tangan Bagaimana cara menggunakan bor listrik tangan? Pada dasarnya, mesin bor berfungsi untuk membuat lubang pada suatu bidang. Mesin ini bekerja dengan menggerakkan alat pemotongnya secara memutar pada suatu titik tertentu sembari memberikan tekanan secukupnya. Sedikit demi sedikit, gerakan tersebut akan menghasilkan lubang pada satu titik yang dikehendaki. Saat ini, ada beberapa  jenis bor listrik tangan  yang dibedakan menurut bentuk dan cara penggunaannya. Salah satu di antaranya ialah bor listrik tangan. Disebut demikian karena mesin yang berbentuk menyerupai pistol ini dioperasikan langsung menggunakan tangan dengan tenaga listrik. Mesin bor tangan dapat digunakan untuk melubangi tembok, kayu, dan logam. Di bawah ini langkah-langkah dalam penggunaan bor listrik tangan yang benar Kenakan pakaian yang mendukung keamanan Anda meliputi pelindung muka dan sarung tangan. Pastikan sarung tangan yang dipakai memiliki ukuran yang pas sehingga ti

TEKNIK MENGECAT KAYU DENGAN PERNIS

helllo guys ,  Bagi Anda pemula dibidang finishing pasti ada banyak pertanyaan menggunakan pernis kayu yang benar. Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya. Pernis adalah produk finishing yang sudah digunakan manusia sejak berabad-abad lamanya. Pernis memiliki kemampuan untuk menutup pori-pori kayu. Ada berbagai jenis pernis yang saat ini sudah dikembangkan. Lalu bagaimana cara menggunakan pernish tersebut? Ikut langkah-langkah berikut ini: Kunci sukses dari hasil finishing yang baik adalah pengamplasan, Sebelum Anda menggunakan pernis atau pengecatan pastikan media kering dengan MC 12% dan juga besih, bebas dari kotoran atau debu. Caranya mudah Anda harus mengamplas seluruh permukaan dengan amplas alumunium oxide nomor 180 atau 150. Raba permukaan media, jika sudah halus teksturnya dilap menggunakan kain katun bersih dan kering. Jika Anda sudah menyiapakan pernis baik itu solvent based atau water based, campurkan bahan pencmpurnys sesuai dengan jenis pernis. Aduk hingga ra