Langsung ke konten utama

TEKNIK MENGGUNAKAN BOR LISTRIK UNTUK KAYU

   Cara menggunakan bor tangan


Bagaimana cara menggunakan bor listrik tangan? Pada dasarnya, mesin bor berfungsi untuk membuat lubang pada suatu bidang. Mesin ini bekerja dengan menggerakkan alat pemotongnya secara memutar pada suatu titik tertentu sembari memberikan tekanan secukupnya. Sedikit demi sedikit, gerakan tersebut akan menghasilkan lubang pada satu titik yang dikehendaki.
Saat ini, ada beberapa jenis bor listrik tangan yang dibedakan menurut bentuk dan cara penggunaannya. Salah satu di antaranya ialah bor listrik tangan. Disebut demikian karena mesin yang berbentuk menyerupai pistol ini dioperasikan langsung menggunakan tangan dengan tenaga listrik. Mesin bor tangan dapat digunakan untuk melubangi tembok, kayu, dan logam.

Di bawah ini langkah-langkah dalam penggunaan bor listrik tangan yang benar

  1. Kenakan pakaian yang mendukung keamanan Anda meliputi pelindung muka dan sarung tangan. Pastikan sarung tangan yang dipakai memiliki ukuran yang pas sehingga tidak berisiko tersangkut di mesin bor.
  2. Tentukan posisi titik yang akan dibor. Jika perlu, Anda harus mengukurnya menggunakan penggaris untuk mendapatkan posisi yang pas. Berikan tanda pada titik tersebut berupa tanda silang.
  3. Lakukan persiapan awal dengan memeriksa bahwa mesin dalam kondisi yang normal. Periksa power source untuk memastikannya telah terpasang dengan benar. Cek juga apakah tegangan listrik sudah sesuai dengan kebutuhan mesin atau belum.
  4. Pasanglah mata bor pada kedudukannya. Jangan lupa untuk mengencangkannya menggunakan kunci khusus/kunci yacob yang biasanya sudah turut disertakan sepaket dengan produk bor tangan tersebut.
  5. Agar posisi benda yang akan dibor tidak goyah, Anda bisa menjepit posisinya pada vice/ragum. Bila Anda ingin melubangi keramik dinding, maka langkah ini tentu tidak perlu dilakukan mengingat posisi dinding sudah stabil.
  6. Buatlah lubang awal sebagai tumpuan mata bor agar tidak mudah meleset dari titik yang diinginkan. Caranya adalah Anda bisa mengetukkan drip (alat pembuat titik) tepat pada titik bidang yang akan dibor. Tidak perlu terlalu dalam, cukup sekiranya bisa digunakan sebagai tumpuan mata bor.
  7. Setiap lubang yang ingin Anda buat, mulailah dengan memakai mata bor yang berukuran kecil terlebih dahulu kemudian ukurannya meningkat sedikit demi sedikit. Misalnya pada saat permulaan, Anda bisa mengandalkan mata bor yang berdiameter 2-4 mm.
  8. Posisi arah mesin bor selama proses pengeboran berlangsung harus benar-benar tegak lurus dengan bidang yang ingin dibor. Tujuannya tentu saja agar lubang yang dihasilkan lebih rapi dan mata bor tidak akan patah.
  9. Cobalah nyalakan mesin bor tangan Anda. Atur kecepatan perputarannya sesuai dengan keinginan. Silakan arahkan mesin tersebut untuk membuat lubang pada bidang yang dikehendaki.
  10. Setelah dirasakan lubang yang dibuat sudah memiliki kedalaman dan diameter sesuai keinginan, Anda bisa mematikan mesin bor tersebut. Tunggu selama beberapa saat supaya perputaran pada mata bor berhenti terlebih dahulu.
  11. Lakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan Anda. Apabila lubang yang terbentuk masih belum sempurna, Anda bisa merapikannya kembali.
  12. Setelah yakin pekerjaan Anda sudah selesai, simpanlah mesin bor ini di tempatnya semula. Buka mata bor terlebih dahulu. Kemudian cabut juga bagian power source-nya.
  13. Jagalah kebersihan area kerja dan semua peralatan kerja yang Anda miliki.

Sumber;http://arafuru.com/sipil/cara-menggunakan-bor-listrik-tangan.html


sumber; https://www.youtube.com/watch?v=h2Gt8cyu-Dk


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PEMBUATAN POHON ARTIFISIAL

LAPORAN PEMBUATAN POHON ARTIFISIAL BAB I               PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Tanaman   artifisial atau  disebut tanaman palsu adalah jenis tanaman atau phon-pohonan yg terbuat dari bahan plastik, tetapi berpenampilan secara visual atau mirip dengan tanaman aslinya. Sedangkan tanaman tiruan ini bisa mirip dengan beberapa jenis tanaman aslinya. Dan sebut saja yang paling banyak ditiru adalah tanaman bambu, tetapi juga banyak jenis tanaman lain yang berdaun lebar juga ditiru, sedangkan warna warni lebih ngejreng dari tanaman asli.                                                       RUMUSAN MASALAH Dari latar belakang di atas, muncul beberapa rumusan masalah, yaitu : 1.       Apa itu tanaman hias? 2.      Apa sajakah alat dan bahan yang digunakan dalam membuat tanaman hias? 3.      Bagaimana cara membuat tanaman hias? BAB II                                                             DASAR TEORI                               PENGERTIAN  TANAMAN

TEKNIK MENGECAT KAYU DENGAN PERNIS

helllo guys ,  Bagi Anda pemula dibidang finishing pasti ada banyak pertanyaan menggunakan pernis kayu yang benar. Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya. Pernis adalah produk finishing yang sudah digunakan manusia sejak berabad-abad lamanya. Pernis memiliki kemampuan untuk menutup pori-pori kayu. Ada berbagai jenis pernis yang saat ini sudah dikembangkan. Lalu bagaimana cara menggunakan pernish tersebut? Ikut langkah-langkah berikut ini: Kunci sukses dari hasil finishing yang baik adalah pengamplasan, Sebelum Anda menggunakan pernis atau pengecatan pastikan media kering dengan MC 12% dan juga besih, bebas dari kotoran atau debu. Caranya mudah Anda harus mengamplas seluruh permukaan dengan amplas alumunium oxide nomor 180 atau 150. Raba permukaan media, jika sudah halus teksturnya dilap menggunakan kain katun bersih dan kering. Jika Anda sudah menyiapakan pernis baik itu solvent based atau water based, campurkan bahan pencmpurnys sesuai dengan jenis pernis. Aduk hingga ra